Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

24 Cara Melakukan Perawatan Bisul Alami dan Medis

Uncategorized

24 Cara Melakukan Perawatan Bisul Alami dan Medis

Bisul, yang dalam istilah medisnya disebut sebagai furunkel, adalah pembengkakan kulit menyakitkan yang disebabkan oleh infeksi kulit mendalam oleh bakteri. Jika dibiarkan, dapat mengakibatkan penyebaran di beberapa titik lainnya, kemudian menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Perlu dilakukan perawatan bisul alami dan medis agar tidak semakin menyakitkan.

Penyakit bisul bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti di leher, punggung, pantat, kaki, wajah, kepala, dan bagian tubuh lainnya. Bila tidak dilakukan pengobatan, bekas bisul sampai kapanpun tidak akan bisa dihilangkan. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan perawatan bisul alami dan medis.

Perawatan Bisul Alami dan Medis, Perawatan Penyakit Bisul Alami dan Medis, Perawatan Pengobatan Bisul Alami dan Medis

1. Pala

Perawatan bisul alami dan medis bisa dilakukan secara mandiri. Perawatan bisul alami yang pertama adalah menggunakan pala. Pala dapat membersihkan racun pada tubuh dan menjadikan aliran darah menjadi lancar. Ini dapat menjauhkan Anda dari penyakit yang ditimbulkan oleh darah kotor, termasuk bisul.

2. Daun kemangi

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalap, mudah didapat dan harga terjangkau. Dapat menjadi alternatif yang tepat untuk Anda yang ingin mengobati bisul. Kandungan minyak esensial pada kemangi baik untuk mengobati infeksi akibat bisul. Anda dapat menggunakan pasta daun kemangi untuk diaplikasikan secara langsung pada bisul.

3. Jintan hitam

Jintan hitam lama dikenal dalam pengobatan herbal. Kandungan pada jintan hitam bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan. Jintan hitam dapat mengobati luka akibat peradangan. Untuk memperoleh manfaatnya Anda dapat mengkonsumsi jintan hitam dalam bentuk kapsul ataupun minyak yang padat dioleskan langsung pada bisul.

4. Daun ubi jalar

Daun ubi jalar terbukti manjur untuk mengatasi bakteri dan parasit menyebab infeksi bisul. Caranya cukup mudah. Daun ubi jalar dibakar hingga layu. Biarkan daun ubi jalar tersebut hingga hangat. Lalu tempelkan daun ubi jalar pada bisul. Anda juga dapat menggunakan perban agar daun ubi jalar tidak mudah terlepas.

Loading...

5. Tepung jagung

Tepung jagung sebagai salah bahan pangan yang banyak kita temukan di pasar nyatanya juga efektif untuk penyembuhan bisul. Kandungan pati pada tepung jagung dapat mendinginkan peradangan pada bisul dan mencegah infeksi yang lebih parah. Gunakan pasta tepung jagung langsung pada area bisul, tunggu kering, lalu bilas menggunkan air bersih.

6. Putih telur

Putih telur yang lazim digunakan sebagai bahan masakan, ternyata juga dapat digunakan sebagai obat bisul  alami. Protein pada putih telur secara bertahap dapat mengelurkan nanah yang ada pada bisul dan membunuh bakteri penyebab bisul. Menggunakan putih telur ayam kampung lebih baik dari pada ayam petelor untuk mendapat hasil yang optimal.

7. Minyak jarak

Pohon jarak sering kita temui sebagai pagar hijau atau pembatas tanah di kebun. Saat ini pohon jarak banyak dibudidayakan untuk diambil minyaknya karena terbukti berkhasiat dalam penyembuhan berbagai penyakit. Kandungan antiseptik pada minyak jarak manjur untuh mengatasi peradangan yang dapat menyembuhkan bisul dengan cepat dan menjadikan luka pada kulit akibat bisul menjadi cepat kering.

8. Minyak pohon teh

Minyak ini diproduksi dari pohon teh yang sudah tua, kandungan minyak ini baik untuk menyembuhkan bisul. Antioksidan dan antiseptik yang terdapat di dalamnya mengobati bisul dan merawat jaringan kulit yang rusak akibat bisul. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengaplikasikan minyak jarak langsung pada kulit yang terdapat bisul.

9. Kunyit

Kunyit, bumbu dapur dengan warna kuning ini mudah dibedakan dari banyak rimpang lainnya.  Kandungan antioksidan pada kunyit baik untuk mengatasi peradangan yang disebabkan bisul. Karenanya mengompres bisul dengan menggunakan kunyit menjadikan bisul kering.

10. Bawang putih

Bawang putih selain digunakan untuk bumbu dapur, juga terbukti efektif dalam pengobatan herbal. Sifat anti-bakteri dan antiseptik pada bawang dapat mebunuh virus dan bakteri penyebab infeksi. Tumbuk halus siung bawang putih lalu kompres pada bagian kulit yang terinfeksi bisul.
Ada banyak cara untuk mengobati bisul yang mengganggu. Selain kesepuluh cara diatas, untuk Anda yang saat ini mendapati bisul yang menyakitkan Anda dapat menggunakan empat belas  cara merawat bisul yang lain berikut ini:

Baca Juga 22 Terapi Tradisional Sakit Pinggang Paling Ampuh

14 Perawatan Bisul Alami dan Medis Lainnya:

11. Kompres air garam
12. Bawang merah
13. Kunyit dan jahe
14. Kompres susu hangat dan  air garam
15. Garam epsom
16. Botol kaca dingin
17. Penicilin
18. Daun neem
19. Minum teh echinacea
20. Mupirocin
21. Gentamicin
22. Macrolide
23. Benzocaine
24. Daun peterselly

Demikian dua puluh empat cara perawatan bisul alami dan medis yang dapat Anda lakukan untuk mengobati bisul. Penyakit bisul yang tidak segera diobati selain mengganggu juga dapat menyebabkan peradangan dan rusaknya jaringan kulit yang lebih parah. Untuk itu, bila Anda mendapati munculnya bisul segeralah menjalani perawatan bisul alami dan medis yang Anda butuhkan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top