Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya dan Dampak Sering Minum Minuman Kemasan untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya dan Dampak Sering Minum Minuman Kemasan untuk Kesehatan

Apakah kamu sering minum minuman kemasan? Jika ya, maka kamu tergolong orang yang belum paham apa bahaya dan dampak dari sering minum minuman kemasan untuk kesehatan. Tahukah kamu bahwa di balik lezatnya minuman warna-warni itu, ada efek samping yang merugikan tubuh.

Minuman kemasan selalu mengandung zat pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Ketiga zat ini sangat bahaya sekali buat tubuh manusia. Sehingga kamu mesti waspada terhadap dampaknya terhadap kesehatan. Di bawah ini adalah bahaya dan dampak sering minum minuman kemasan:

1. Mengalami Batuk

Minuman kemasan adalah jenis minuman pabrikan yang kaya rasa. Biasa dijual dalam bentuk botolan, kalengan, atau serbuk. Minuman kemasan ini beragam merknya dan seluruh jenis minuman yang dijual di etalase supermarket dan minimarket tergolong minuman kemasan. Semuanya bisa menyebabkan kita mengalami batuk karena mengandung pemanis buatan dan pewarna. Belum lagi bahan kimiawi lainnya.

2. Sering Pilek

Orang yang sering minum minuman kemasan terancam bakal sering pilek. Karena dirinya terlalu banyak memasukkan bahan kimiawi seperti sakarin ke dalam tubuh. Orang pilek bisa juga karena alergi terhadap minuman kemasan. Banyak kok yang mengalami seperti ini.

3. Terkena Radang Tenggorokan

Sudahlah pasti bahwa minuman kemasan mampu membuat radang pada tenggorokan. Karena tenggorokan terluka dan mengalami inflamasi akibat kontak bahan-bahan keras seperti pemanis buatan yang ada di dalam minuman kemasan. Kalau kamu tipikal orang yang langganan radang, sebaiknya kamu tidak minum minuman kemasan. Masih lebih baik minuman alami.

4. Lidah Menjadi Perih

Minum minuman kemasan juga menyebabkan lidah jadi perih. Lagi-lagi karena gesekan dengan bahan kimiawi dalam minuman kemasan itu. Lidah akan iritasi dan lama-lama bisa jadi sariawan bahkan pendarahan. Untuk itu, kamu mesti membatasi konsumsi minuman kemasan ini. Tidak seharusnya kamu sering-sering meminumnya karena ini sangat bahaya sekali buat kesehatan.

Loading...

5. Terserang Diabetes

Banyak minum minuman kemasan juga akan membuat kita terserang diabetes. Kalau kamu tidak mau kena penyakit ini, sebaiknya kamu tidak perlu coba-coba meminumnya. Biasanya orang sangat suka minuman kemasan karena harganya murah dan praktis. Misalnya minuman buah, banyak orang sepertinya menganggap lebih praktis minum minuman buah kemasan daripada buat jus buah sendiri. Tapi ini kan bahaya!

6. Terkena Kanker

Bahaya kanker juga akan didapatkan ketika kamu sering minum minuman kemasan. Kamu bisa saja terkena kanker lidah, tenggorokan, mulut, usus dan darah dan semua jenis kanker lainnya. Karena minuman kemasan itu sama sekali tidak bermanfaat untuk tubuh. Untuk apa kamu menggadaikan kesehatan sepanjang hidup hanya untuk kenikmatan palsu dan semu dari minuman kemasan? Maka dari sekarang, sebaiknya kamu STOP minum minuman kemasan.

7. Sering Mengalami Diare

Orang yang banyak minum minuman kemasan juga akan mengalami diare. Ketika kamu sudah terkena diare barulah menyesal. Sebelum kena diare, sebaiknya hentikan minum minuman kemasan. Lebih baik minum air putih dan yang alami-alami saja. Kalau ingin kesegeran ya bisa ditaroh freezer dulu dan ditambah gula biar enak.

8. Gangguan Pencernaan 

Sering minum minuman kemasan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika kita mengalami gangguan pencernaan, maka biasanya tubuh akan meresponnya jadi banyak keluhan.
Mulai dari nyeri perut sampai lemas. Sakit kepala, bahkan pingsan.

9. Kerusakan Usus

Kerusakan usus akan terjadi pada orang yang banyak minum minuman kemasan. Kalau kamu tidak mau sakit usus, sebaiknya kamu tidak usah minum minuman kemasan. Masih banyak jenis minuman aman lainnya yang dapat kamu minum sebanyak apapun tidak akan beresiko. Misalnya air putih, jus jeruk, es teh dan lain sebagainya.

10. Otak Menjadi Bodoh

Dampak sering minum minuman kemasan juga akan membuat otak jadi bodoh. Kalau kamu tidak mau jadi dungu otaknya, sebaiknya hindarilah minuman kemasan. Segera ganti minumanmu dengan yang lainnya.

Baca Juga: 15 Dampak Sering Minum Obat Gatal untuk Kesehatan

5 Dampak Sering Minum Minuman Kemasan yang Lainnya:

11. Kecanduan
12. Ketergantungan
13. Gigi Menjadi Karies
14. Sakit Gigi
15. Gangguan Saluran Nafas

Wah, ternyata minum minuman kemasan memang sangat merugikan sekali buat tubuh kita. Kita mesti mawas diri terhadap berbagai efek samping di atas. Jangan sampai tubuh rusak! Berhentilah minum minuman kemasan dari sekarang ya!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top