Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Tanda Gejala Awal Alzheimer yang Perlu diketahui

Uncategorized

16 Tanda Gejala Awal Alzheimer yang Perlu diketahui

Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Namun tidak jarang pula yang menyerang kaum muda. Penyakit ini adalah penyakit yang mengganggu kondisi psikis seseorang sehingga tanda awal Alzheimer ini biasanya akan kehilangan kemampuan mengingat, berkonsentrasi, dan mengalami perubahan mood yang sangat cepat.

Biasanya penyakit alzheimer berhubungan dengan faktor otak, usia, dan kondisi kejiwaan seseorang. Sehingga penyakit ini bisa dialami siapa saja yang disebabkan oleh berbagai faktor tersebut. Berikut ini merupakan tanda awal alzheimer yang wajib kamu tahu.

Tanda Awal Alzheimer, Gejala Awal Alzheimer, Tanda Awal Penyakit Alzheimer

1. Gangguan penglihatan

Tanda awal alzheimer yang satu ini biasanya dialami oleh penderita yang sudah dalam usia lanjut. Penyakit alzheimer biasanya akan menyerang bagian syaraf otak yang dekat dengan batang otak termasuk diantaranya syaraf penglihatan. Oleh karena itu seseorang yang menderita penyakit alzheimer biasanya akan mengalami gangguan penglihatan dan akan semakin meningkat gejalanya saat siang dan malam hari.

2. Kesulitan konsentrasi

Tidak tanggung – tanggung bahaya alzheimer juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk konsentrasi. Bahkan seseorang akan kesulitan dalam menghitung jumlah uang, bahkan sulit untuk berbicara dengan benar.

3. Hilang ingatan

Alzheimer merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi siapa saja karena dapat membuat seseorang menjadi lupa ingatan atau sering disebut dengan amnesia singkat. Seseorang yang menderita alzheimer biasanya mudah lupa tentang topik pembicaraan dan aturan yang diberikan kepadanya. Hal ini merupakan tanda awal alzheimer yang sangat mudah untuk diamati.

4. Perubahan mood

Kalangan mudah yang mengalami penyakit alzheimer biasanya akan mengalami perubahan mood yang begitu cepat. Hal ini biasa disebut dengan kondisi labil. Seseorang yang cepat mengalami perubahan mood biasanya akan cepat marah, kemudian senang dalam waktu yang singkat. Gejala awal ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan seseorang menjadi temprament, mudah menyerah dan sering merasa kesepian.

Loading...

5. Gangguan motorik

Gangguan motorik yang biasanya dapat terlihat sebagai tanda penyakit alzheimer yaitu kesulitan dalam menentukan sikap, melakukan sesuatu sesuai perintah otak, dan kesulitan dalam mengambil suatu keputusan. Perbedaan tindakan dengan apa yang dikirimkan oleh otak merupakan ciri ciri alzheimer.

6. Minder

Minder merupakan salah satu gejala awal lainnya yang menyebabkan orang merasa kurang percaya diri dengan apa yang dimilikinya dan selalu iri dengan kepunyaan orang lain. Oleh sebab itu penderita alzheimer biasanya lebih senang sendirian dari pada berkumpul bersama orang lain.

7. Sering lupa

Alzheimer merupakan penyakit yang dapat menyerang otak manusia. Orang yang sering mengalami lupa mungkin merupakan gejala dari penyakit alzheimer yang mampu menyerang sebagian besar kemampuan otak. Sehingga banyak diantara mereka yang mengalami alhzeimer akan merasakan alpa seperti lupa kan teman, saudara, atau kerabat lainnya atau mungkin bahkan lupa akan tindakan yang baru saja dilakukan.

8. Delusi

Alzheimer biasanya akan merasakan rasa curiga yang berlebihan sepanjang waktu. Hal ini biasa di sebut dengan delusi. Kondisi seperti ini menyebabkan seorang penderita mudah takut, paranoid, dan menarik diri dari lingkungan sekitarnya. Apabila kondisi ini terus dibiarkan akan membahayakan dirinya sendiri dan orang lain yang dekat dengannnya.

9. Tidak nafsu makan

Nafsu makan merupakan salah satu gejala penyakit alzheimer yang biasa dialami oleh para penderita. Kehilangan nafsu makan ini bisa disebabkan oleh perubahan mood yang tidak stabil dan efek amnesia yang dialami. Oleh sebab itu perlu adanya pengawasan yang ketat untuk menjaga penderitanya tidak melakukan hal yang merugikan termasuk lupa makan.

10. Enggan bersih

Biasanya seseorang yang menderita alzheimer perilakunya akan berubah secara drastis termasuk enggan untuk membuat lingkungannya menjadi bersih. Bahkan ada yang terlalu malas untuk membersihkan diri seperti mandi dan gosok gigi.

Baca Juga 10 Cara Mengobati Kista Secara Alami dan Efektif

6 Tanda Awal Alzheimer Lainnya:

11. Insomnia
12. Agresif
13. Paranoid
14. Kekanak – kanakan
15. Manja
16. Mengulang – ulang tindakan

Itulan 16 Tanda awal Alzheimer yang perlu diketahui agar dapat mencegahnya sejak dini apabila mengalami gejala – gejala awal tersebut. Agar terhindar dari penyakit ini tentu perlu adanya untuk menerapkan pola hidup sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top