Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Tanda-Tanda Batu Ginjal Perlu Diwaspadai

Uncategorized

15 Tanda-Tanda Batu Ginjal Perlu Diwaspadai

Tanda-Tanda Batu Ginjal – Batu ginjal memiliki istilah lain yakni nefrolitiasis dimana kondisi ini terdapat material keras seperti batu yang berada di dalam ginjal. Material benda keras ini awalnya dari zat-zat limbah di dalam darah yang di saring oleh ginjal dan kemudian mengendap dan lambat-laun akan mengkristal. Batu ginjal banyak di alami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Kebanyakan orang biasanya tidak menyadi adanya tanda-tanda batu ginjal.

Karena tidak menyeadi jika di rinya telah mengalami tanda-tanda batu ginjal maka mengonsumsi makanan juga akan sembarangan termasuk makanan yang tidak sehat yang dapat memicu batu ginjal menjadi bertambah besar. Menurut data batu ginjal terjadi sekitar 15% pada pria dan 10% pada wanita, untuk itu sebaiknya anda menghindari makanan-makanan yang tidak sehat. Berikut ini beberapa tanda-tanda orang terkenana batu ginjal.

Batu Ginjal

1. Nyeri Pada Sisi Tubuh

Nyeri yang di akibatkan oleh batu ginjal ini biasanya hingga terasa berat, dan kemungkinan besar rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin. Sisi nyeri yang paling umu terjadi pada bagian bawah pada sisi perut bagian bawah dan daerah selangkangan. Rasa sakit yang di alami biasanya juga di sertai ketika buang air kecil.

2. Mual dan Muntah

Rasa sakit yang di timbulkan batu ginjal parah akan membuat orang penderita timbul rasa mual hingg terkadaang muntah. Awal mula hingga timbul rasa mual ini ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urin, menurut beberapa orang wanita yang telah mengalami rasa sakit ini lebih buruk di bandingkan ketika akan melahirkan. Nyeri hebat ini lah sehingga memunculkan rasa mual terkadang hingga muntah, jika telah mengalami hal yang demikian segera ke dokter untuk di beri cairan infus.

3. Demam dan Menggigil

Tanda-tanda batu ginjal yang sering tidak di sadari adalah terjadi demam dan menggigil. Gejala ini sangatlah mengganggu untuk pengobatannya memrlukan evaluasi medis agar lebuh tepat karena tanda-tana demam dan menggil buan karena batu ginjal saja tetapi juga bisa anda sedag mengalami infeksi.

4. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Ketika anda mengalami batu ginjal tanda-tanda yang sering kali di alami oleh banyak penderita adalah nyeri ketika buang air kecil. Hal ini memang wajar karena rasa nyeri berasal dari pergerakan ureter (pipa penghubung kandung kemih dan ginjal). Jika anda tidak segera mengambil tindakan dan batu ginjal menjadi tambah besar sehingga rasa sakit yang di timbulkan akan lebih dari ini.

Loading...

5. Anyang-anyangan

Anyang-anyangan masih berkaitan dengan buang air kecil. Ketika mengalami anyang-anyangan orang yang mengalaminya akan terus memiliki hasrat ingin buang air kecil tetapi urin yang di keluarnya hanya sedikit. Ketika anda mengalami keadaan seperti ini jangan di paksakan agar air seni untuk keluar karena kan menjadikan perut anda menjdai sakit. Ketika anda mengalami hal ini ada cara tradisional sedikit mitos yakni dengan menali jempol kaki dengan karet agar rasa buang air kecil akan hilang.

6. Darah dalam Urine

Kelaurnya darah bersamaan dengan urin di sebut dengan hematuria tanda-tanda ini sangatlah umum bagi orang yang mengalami batu ginjal. Darh dapat keluar bersama urin di sebabkan oleh batu ginjal melewati saluran kemih dan mengiritasi ureter sehingga menyebabkan pendarahan. Ketika tanda-tanda ini sudah muncul berarti batu ginjal anda sudah mencapai tahap serius maka hal ini menandakan anda harus segera pergi ke dokter untuk menjamin evaluasi dengan cepat.

7. Demam

Ketika batu ginjal yang di derita sangatlah menyiksa biasanya orang akan menjadi demam, biasanya tanda-tanda ini juga di sertai nyeri pada seluruh tuuh seperti di tusuk-tusuk. Demam dianggap karena adanya infeksi dalam tubuh sehingga pertolongan mediss sangat di harapkan di tambah lagi ketika demam juga disertai menggigil.

8. Warna Urine Berubah

Pada orang yang sehat warna darahnya berwarna kuning jernih, ketika orang mengalami perubahan pada warna urin berarti memberikan tanda bahwa kesehatannya sedang terganggu. Salah satunya orang yang mengalami penyakit batu ginjal otomatis warna urin yang di keluarkan tidaklah sama seperti orang normal, biasanya orang yang mengalami batu ginjal warna urinnya akan berubaha mnejadi coklat pekat seprti teh.

9. Pinggang Terasa Nyeri

Memang pinggang terasa sakit bukan hanya di karenakan oleh batu ginjal, tetapi salah satu penyebabnya memang kaerena batu ginjal. Nyeri pinggang karena batu ginjal akan memberikan gejala yang khas seperti nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba. Supaya anda tahu penyebab nyeri pinggang anda harus pergi ke dokter untuk di diagnosa.

10. Urin Berbusa

Urin memang sering kali di jadikan patokan kesehatan biasanya di tandai dengan warna urin yang berubah. Begitu pula pada penyakit batu ginjal warna ginjal bukan hanya berubah warna menjadi coklat pekat tetapi juga terdapat buih-buih dalam urin. Terjadinya ini biasanya disebabkan oleh kebocoran protein dari dalam tubuh ke dalam urin hal ini yang menandakan ginjal anda berada dalam masalah. Ketika anda mengalami hal ini jangan mudah di abaikan.

Itulah beberapa tanda-tanda batu ginjal yang harus anda ketahui agar anda lebih berhati-hati menjaga organ tubuh. Adapun tanda-tanda lain yang perlu anda waspadai

11. Badan Lemah dan Lelah
12. Pusing
13. Sulit Konsentrasi
14. Pembengkakan atau Edema
15. Nafsu Makan Menurun

Tanda-tanda batu ginjal di atas bisa anda jadikan patokan supaya anda tidak menyepelehkan penyakit-penyakit ringan. Tanda-tanda ginjal bermasalah memang awalnya hanya ringan saja seperti yang telah di bahas di atas tetapi jika tidak segeera di atasi juga akan menjadikan lebih bahaya. Sekaligus memberikan sakit yang tidak terkalahkan. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top