Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Tanda Tanda Cacar Air yang Perlu Diketahui

Uncategorized

20 Tanda Tanda Cacar Air yang Perlu Diketahui

Cacar air, atau dalam bahasa medisnya varisela, lazimnya diderita oleh anak-anak di bawah 10 tahun. Penyakit ini memang bisa menyerang orang dewasa dengan tanda tanda cacar air yang muncul lebih berat daripada anak-anak. Hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan terjangkit lagi.

Penyakit yang disebabkan virus Varicella zoster ini merupakan penyakit menular dan membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh seperti sedia kala. Sembuh pun, masih ada bekas luka pada kulit. tanda tanda cacar air adalah sebagai berikut:

Tanda Tanda Cacar Air, Tanda Tanda Penyakit Cacar Air, Tanda Tanda Gejala Cacar Air

1. Bintik Merah pada Kulit

Tanda-tanda cacar air yang paling mudah diketahui adalah ruam atau bintik merah pada kulit, yang disebut papula, yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Namun, tidak semua pengidap cacar air mengalami gejala ruam yang sama. Ada yang hanya mengalaminya pada beberapa bagian tubuh tertentu, namun ada pula yang sampai di dalam mulut, telinga, dan sekitar pantat.

Papula pada mulut akan cepat pecah dan membentuk luka terbuka atau ulkus yang seringkali menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga dapat ditemukan pada kelopak mata, saluran pernapasan bagian atas, rektum, dan vagina.

2. Gatal-Gatal

Gatal-gatal adalah tanda-tanda cacar air yang muncul setelah adanya ruam. Gatal-gatal ini disertai dengan bentol-bentol. Bentolan ini memiliki bentuk khas, yaitu cekung, di tengahnya.

3. Muncul Gelembung

Bentol-bentol pada beberapa hari akan berubah menjadi bintil berisi cairan yang sangat gatal. Bintil ini disebut dengan vesikel dan berwarna bening. Bentuknya seperti embun, dan terasa agak nyeri atau gatal.

Loading...

4. Keropeng Kering

Setelah 1-2 hari, bintil akan mongering dan menjadi keropeng yang dapat mengelupas dengan sendirinya. Pada banyak kasus, bintik merah pada kulit, gatal-gatal, muncul gelembung, dan keropeng kering datang pada waktu yang sama. Tanda-tanda cacar air yang seperti itu disebut dengan polimorf.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala pun juga menjadi salah satu dari tanda-tanda cacar air. Memang, sakit kepala bisa timbul karena berbagai sebab. Gejala ini termasuk ringan tetapi dapat berbahaya jika didiamkan begitu saja. Pada penderita anak-anak, sakit kepala merupakan tanda awal (prodormal) dari cacar air.

6. Demam

Masa inkubasi virus Varicella zoster untuk orang dewasa ternyata bisa lebih parah hingga penderita bisa terkena demam dengan suhu tubuh meningkat sampai 35 sampai 40 derajat Celsius. Pada waktu tertentu, demam akan disertai dengan perasaan menggigil, dan badan terasa sakit semua seperti habis dipukuli.

7. Nyeri Otot

Tanda-tanda cacar air lainnya adalah terasa nyeri di seluruh tubuh, setelah munculnya demam. Masa ini bisa berlangsung sampai satu minggu. Orang dewasa cenderung akan merasakan lebih parah dibanding penderita anak-anak.

8. Cepat Lelah

Tanda-tanda cacar air beberapa ada yang mirip dengan gejala flu (flu-like symptomps), seperti tubuh menjadi cepat lelah. Penderita cacar air yang kekebalan tubuhnya tinggi akan sembuh tanpa mengalami sakit berat hanya dengan beristirahat, seperti halnya penyakit pilek atau flu biasa.

9. Menurunnya Nafsu Makan

Pada beberapa kasus, penderita cacar air anak-anak dan dewasa yang kurang beruntung akan bertarung lebih sengit dengan penyakit cacar air. Biasanya terjadi kepada mereka dengan imunitas rendah. Imunitas menurun karena nafsu makanpun menurun.

10. Tubuh Lebih Kurus

Seiring dengan menurunnya nafsu makan, penderita cacar air akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Demam, ditambah mual pada perut, akan mengakibatkan penderita cacar air malas untuk mengkonsumsi makanan. Selain itu, rasa mual akan memicu rasa ingin muntah.

Baca Juga 14 Hal Penyebab Tangan Berkeringat yang Perlu Diwaspadai

Tidak semua penderita cacar air dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis. Pada kasus cacar air parah, terutama pada anak-anak, kesepuluh tanda-tanda cacar air di atas juga ditambah dengan gejala lain seperti di bawah ini.

10 Tanda Tanda Cacar Air Lainnya:

11. Mual
12. Batuk Ringan
13. Hidung Berair
14. Leher Kaku
15. Kejang
16. Sakit Dada
17. Bintil Berubah Warna Menjadi Kuning Kehijauan
18. Sulit Berjalan dan Bicara
19. Sulit Bernapas
20. Sulit Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tanda-tanda cacar air di atas dapat dicegah dengan vaksinasi. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, dan sudah pasti akan lebih murah biayanya dibandingkan bila harus terkena penyakit itu sendiri.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top