Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

22 Terapi Tradisional Sakit Pinggang Paling Ampuh

Uncategorized

22 Terapi Tradisional Sakit Pinggang Paling Ampuh

Semua orang pasti pernah mengalami sakit pinggang atau kecetit. Sebagian besar menyatakan bahwa sakit pinggang adalah gejala biasa yang tidak berbahaya, sehingga merasa tidak membutuhkan terapi sakit pinggang. Namun, tetap saja, keluhan yang satu ini dapat merusak kenyamanan dan mengganggu aktivitas harian.

Cara terbaik untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan cara mengetahui penyebabnya kemudian dicarikan solusi yang tepat. Akan tetapi, jika kurang mengerti dengan penyebab sakit pinggang yang dialami, terapi sakit pinggang berikut patut dicoba.

Terapi Sakit Pinggang, Terapi Penyakit Sakit Pinggang, Terapi Tradisional Sakit Pinggang

1. Bekam

Terapi bekam adalah terapi sakit pinggang yang cukup cepat dilakukan bagi pasien yang mengalami sakit pinggang, nyeri sendi, radang otot, dan sejenisnya. Manfaat bekam sebagai terapi sakit pinggang adalah: menstimulasi sistem fungsi syaraf tulang belakang dan otot punggung, memperbaiki struktur darah, antiradang, memperbaiki elstisitas otot dan syaraf, serta meredakan rasa sakit.

2. Tidur

Mengubah posisi tidur bertujuan untuk meregangkan punggung sehingga dapat meringankan rasa sakit. Jika Anda tidur miring, maka tekuk kaki sedikit ke arah dada dan menempatkan bantal di antara kaki. Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu mempertahankan kurva normal punggung bawah.

3. Relaksasi

Relaksasi atau bersantau merupakan hal yang penting untuk mengurangi dan mengatasi sakit pinggang karena ketegangan otot yang disebabkan oleh faktor psikis atau pikiran tegang.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu berprasangka atau berpikir positif meskipun sakit cenderung akan pulih lebih cepat dan menghindari sakit pinggang jangka panjang.

Loading...

4. Terapi Panas

Mandi air panas atau menempelkan botol berisi air panas yang ditempelkan pada daerah pinggang yang sakit dapat membantu meringankan rasa sakit pinggang. Terapi panas dapat mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendorkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan aliran darah sehingga nyeri pinggang akan segera pulih.

5. Terapi Dingin

Terapi dingin juga disebut dengan kompres. Setelah trauma, dianjurkan menggunakan kompres es atau kantong tebal berisi es batu di atas area cedera. Namun, jangan langsung menaruh es langsung ke kulot karena dapat menyebabkan luka bakar karena dingin. Lakukan kompres es ini sampai 20 menit beberapa kali setiap hari.

6. Antidepresan

Ternyata, selain digunakan sebagai obat mengatasi depresi, antidepresan juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit pinggang. Antidepresan dapat mempengaruhi sinyal rasa sakit dalam tubuh sehingga sakit pada pinggang akan berkurang.

7. Suntikan Sendi Facet

Terapi sakit pinggang berikutnya adalah suntikan. Banyak suntikan yang dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Untuk meredakan peradangan yang mengakibatkan rasa sakit, digunakan suntikan sendi facet. Sendi ini merupakan penghubung antar tulang belakang.

8. Pijat

Berdasarkan penelitian, jika dalam kurun 10 minggu Anda selalu melakukan sekali pijat punggung dalam seminggu, maka sakit punggung akan berkurang. Namun perlu diketahui bahwa manfaatnya tidak dirasakan secara permanen dan hanya berlaku dalam waktu enam bulan saja.

9. Akupunktur

Untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan sakit pinggang, perawatan yang dilakukan adalah dengan menstimulasi syaraf. Contoh tindakan stimulasi syaraf adalah dengan akupunktur, terapi pengobatan yang berasal dari Cina dengan menggunakan jarum dan menekan titik-titik syaraf pada tubuh.

10. Pereda Sakit Pinggang

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang, yaitu Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) dan acetaminofen. Pada saat Anda ingin mengkonsumsi obat ini, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter karena obat ini memiliki beberapa efek samping.

Baca Juga 15 Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis

12 Terapi Sakit Pinggang Lainnya:

11. Bow Pose
12. Child Pose
13. Boat Pose
14. Plank Pose
15. Cat Pose
16. Cobra Pose
17. Sphinx Pose

Selain itu, terapi sakit pinggang secara herbal juga dapat dilakukan. Banyak ramuan obat alami yang berkhasiat membantu mengobati sakit pinggang. Terapi sakit pinggang dengan ramuan tradisional antara lain dengan:

18. Temulawak
19. Jahe
20. Jagung
21. Bawang Merah
22. Daun Dewa

Diatas itulah terapi sakit pinggang yang bisa anda lakukan. Semoga informasi tentang kesehatan ini bisa membantu anda. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top