Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Tidak Makan Nasi Putih Bagi Tubuh

Uncategorized

15 Dampak Tidak Makan Nasi Putih Bagi Tubuh

Nasi Putih adalah makanan yang sangat populer bagi orang-orang, terutama orang Indonesia. Nasi adalah beras yang direbus lalu di tanak. Lebih dari setengah populasi manusia di dunia menjadikan nasi sebagai makanan pokok bagi mereka yang tidak dapat di tinggalkan. Bahkan orang Indonesia sering mengatakan jika belum makan nasi berarti belum makan. Mengapa bisa demikian? Ini terjadi karena kita sering merasa jika kita belum makan nasi, perut belum kenyang.

Kira- kira apa yang terjadi jika kita tidak lagi mengkonsumsi nasi? Apakah akan berdampak pada tubuh kita? Berikut ini adalah dampak tidak makan nasi bagi tubuh:

1. Tubuh Menjadi Lemas

Nasi merupakan sumber kalori. 100 gram nasi putih mengandung 129 kilo kalori. Nasi mengandung karbohidrat yang tinggi, itu sebabnya nasi bisa menjadi sumber energi bagi kita. Jika kita terbiasa mengkonsumsi nasi putih lalu tiba-tiba kita tidak makan lagi, tubuh kita menjadi lemas. Maka dari itu biasanya orang-orang yang memang menghindari mengkonsumsi nasi mereka menggantinya dengan sumber energi yang lainnya.

2. Gula Darah Menjadi Rendah

Kandungan glukosa pada nasi putih cukup tinggi yaitu 0.08 gram per 100 gram. Mengkonsumsi nasi putih bukan hal yang tepat bagi penderita diabetes karena kadar glukosa pada nasi putih tinggi. Oleh karena itu biasanya orang yang menderita diabetes tidak makan nasi putih dan  lebih memilih nasi merah karena kandungan glukosa pada nasi merah sangat rendah.

3. Berat Badan Menurun

Ketika kita tidak makan nasi putih lagi, kita akan kekurangan karbohidrat untuk di jadikan sebagai energi. Tubuh kita akan mengalihkan pembakaran karbohidrat dengan pembakaran lemak. Berat badan kita pun jadi menurun karena lemak dalam tubuh kita terbakar. Tidak makan nasi putih sangat tepat dilakukan oleh para pelaku diet.

4. Susah Tidur

Orang yang rutin makan nasi putih lalu suatu saat mereka tidak makan lagi akan merasa kelaparan. Saat kita sedang kelaparan kita akan mengalami insomnia atau susah tidur. Untuk menghindari insomnia sebaiknya kita mengganti nasi putih dengan roti gandum atau kacang-kacangan.

Loading...

5. Perut Menjadi Kelaparan

Bagi mereka yang setiap hari makan nasi, tidak makan nasi mungkin dianggap sangat mengerikan. Mereka akan merasa terus kelaparan. Bagi mereka yang mengidap penyakit maag tidak makan nasi bukanlah hal yang baik. Karena setiap lima jam sekali lambung kita akan mengeluarkan HCL untuk membantu dalam pencernaan makanan. Jika kita tidak makan maka lambung kita akan terluka.

6. Merubah Pola Makan

Jika dalam beberapa bulan kita kita tidak makan nasi putih, perut kita akan terbiasa dengan keadaan itu. Kita bisa saja menjadi mudah merasa kenyang. Para pelaku diet biasanya mengganti nasi dengan makanan tinggi serat yang bisa membuat mereka kenyang lebih lama.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Jika kamu pernah berpikir jika kita tidak makan nasi kita akan menjadi bodoh? Jika iya kamu salah besar. Dalam keadaan tidak mengkonsumsi karbohidrat, energi yang kita pakai dihasilkan dari proses pembakaran lemak dan protein, ini membuat kita lebih mudah untuk berkonsentrasi.

8. Menjadi Jarang Buang Air Kecil

Jika kita makan nasi putih, ginjal kita akan menghasilkan urine lebih banyak. Ini karena sistem diuretik. Tidak makan nasi membuat ginjal kita sedikit menghasilkan urine, maka dari itu kita menjadi jarang buang air kecil.

9. Penglihatan Menjadi Kabur

Tidak makan nasi dan juga makanan penggantinya bisa membuat kita kekurangan kalori. Kekurangan kalori bisa membuat pandangan kita menjadi kabur.

10. Sakit Kepala

Kita bisa menjadi sakit kepala jika kita memaksakan diri untuk tidak makan nasi.

Baca juga: 15 Manfaat Mengunyah Permen Karet

5 Dampak Tidak Makan Nasi Putih yang Lainnya:

11. Tubuh Menjadi Langsing
12.Tubuh Terhindar Dari Resiko Diabetes
13. Mengalami Resiko Penyakit maag
14. Menurunkan Nafsu Makan
15. Gigi tidak mudah keropos

Tidak makan nasi ternyata ada dampak baik dan juga ada dampak buruknya. Jadi di sini kita harus memposisikan diri kita sebagaimana mestinya. Jika memang tubuh kita mengharuskan makan nasi seperti pada pengidap menyakit maag  maka kita harus makan. Dan jika tubuh kita mengharuskan kita tidak makan nasi seperti halnya para pengidap penyakit diabetes maka kita tidak boleh makan nasi. Kita harus tetap menjaga tubuh kita adar tetap sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top