Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Alasan Kenapa Seseorang Tidur Membuka Mulut (Mangap)

Uncategorized

10 Alasan Kenapa Seseorang Tidur Membuka Mulut (Mangap)

Ketika kita sedang dalam kondisi tubuh yang buruk, biasanya fisik kita meresponnya menjadi gerakan impulsif atau refleks. Misalnya seperti tidur membuka mulut, ternyata ini juga merupakan suatu respon tubuh yang disebabkan karena kondisi kesehatan yang memburuk. Selain itu, kondisi psikis yang tertekan juga menyebabkan kita tidur dengan mulut terbuka.

Semua orang pastilah pernah menjalani tidur dengan mulut terbuka. Kondisi ini tidak memandang usia dan jenis kelamin. Semua usia dan jenis kelamin akan mengalaminya. Hanya saja, survey membuktikan bahwa pria lebih sering tidur membuka mulut, dibandingkan wanita. Ini terjadi karena pria cenderung punya beban berat dalam hidup misalnya dalam rumah tangganya. Dan seorang pria memiliki kebiasaan memendam masalahnya sendiri. Sehingga pada akhirnya, ketika tidur, mulutnya pun terbuka. Seperti mengindikasikan sedang ingin bicara, tapi ditahan-tahan.

Seringkali orang yang tidur membuka mulut juga pada akhirnya ngiler dan ngorok. Ini menjadi pertanda dari gawatnya permasalahan fisik dan psikis. Kesehatan jasmani dan rohaninya jelaslah memburuk. Maka dari itu, sebaiknya ketika orang tidur mulutnya mangap, maka perlu dicari tahu apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapinya dan mungkin saja juga ternyata orang itu punya penyakit.

Di bawah ini sudah kami susun berbagai macam alasan kenapa seseorang tidur membuka mulut. Kenapa bisa demikian? Kiranya beginilah penjelasannya:

1. Mengalami Stress dan Depresi Berat

Orang yang tidur membuka mulut mengindikasikan bahwa dirinya sedang menderita stress dan depresi berat. Terbukanya mulut menjadi tanda bahwa alam bawah sadar mengalami kekacauan. Sehingga tidur tidak rileks. Tekanan darah naik turun, dan sistem pernapasan terganggu. Pada akhirnya mulut refleks terbuka sendiri. Bahkan seandainya kita iseng menutup mulut orang yang sedang tidur tersebut, bibirnya akan kembali membuka. Karena memang sudah bawaan impuls syarafnya yang tertekan.

2. Memiliki Gangguan Sistem Pernafasan

Orang yang tidur membuka mulut biasanya memiliki gangguan sistem pernapasan. Entah paru-paru atau jantungnya. Atau saluran napasnya tersumbat. Ini tentu saja sangatlah mengerikan sekali. Bagaimana ketika sedang tidur bisa sampai begitunya membuka mulut. Ini kan menandakan bahwa
seseorang memang sedang dalam kondisi susah bernapas.

Loading...

3. Gejala Penyakit Paru-Paru

Tidur membuka mulut juga menjadi gejala awal penyakit paru-paru. Jika kamu mendapati anggota keluargamu ada yang tidurnya sambil membuka mulut, ini artinya ia ada indikasi kena penyakit paru-paru. Baik asma maupun brokhitis. Bahkan pneumonia atau kanker paru-paru.

4. Riwayat Penyakit Jantung

Orang yang punya riwayat penyakit jantung juga bisa saja tidur membuka mulut. Coba saja kamu perhatikan orang sepuh yang punya gangguan jantung. Pastilah mulutnya terbuka. Tapi kamu jangan khawatir. Terkadang membuka mulut justru menjadi mekanisme tubuh untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Agar tidak sesak napas.

5. Tekanan Darah Tinggi atau Rendah

Orang yang tidur membuka mulut juga kemungkinan besar menderita tekanan darah tinggi atau rendah. Hipertensi dan hipotensi memang bisa menganggu jalannya pernapasan. Dan membuat alam bawah sadar kita saat tidur menjadi kacau. Maka dari itu, jangan heran kalau orang darah tinggi maupun darah rendah jadi membuka mulut begitu.

6. Peredaran Darah Tidak Lancar

Ya, peredaran darah yang tidak lancar membuat seluruh badan kita jadi stress. Alhasil ketika tidur mulut malah terbuka. Bila kamu atau anggota keluarganya ada yang tidur membuka mulut. Coba segera cek tekanan darah. Jika perlu cek juga ke lab untuk mengetahui kadar gula darah, trombosit, HB dan lain sebagainya. Karena membuka mulut saat tidur ini benar-benar bahaya bila tidak diperhatikan secara mendalam. Apalagi jika disertai dengan dengkuran.

7. Sedang Kelelahan karena Banyak Aktivitas

Orang yang sedang kelelahan juga bakalan membuka mulutnya saat tidur. Ketika tubuh benar-benar sangat lelah dan berasa seperti sedang dipukul-pukul. Nyeri rasanya seluruh tubuh. Dan napas terasa sesak. Pastilah kalau tidur jadi membuka mulutnya. Kalau tidak percaya silahkan buktikan sendiri saja!

8. Mengidap Insomnia

Orang yang mengidap insomnia ternyata juga akan membuka mulutnya ketika tidur. Karena tubuh mengalami kesusahan tidur dan tertekan, akhirnya jadi malah membuka mulut. Silahkan buktikan sendiri betapa mengerikannya tidur membuka mulut ini.

Baca Juga: 15 Alasan Kenapa Kita Dilarang Minum Air Laut

9. Sedang Sakit Keras

Orang yang sedang sakit keras juga akan membuka mulutnya. Tentunya ini begitu mengerikan. Maka dari itu, segera saja cek kesehatan total alias medical check-up biar ketahuan sakitnya apa.

10. Menderita Batuk dan Flu Berat

Kalaus edang batuk dan flu berat, kita juga bakalan tidur membuka mulut.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top