Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Buruk Tidur Sore Hari untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Dampak Buruk Tidur Sore Hari untuk Kesehatan

Aktivitas para pelajar zaman sekarang tergolong sangat padat. Setelah belajar formal di sekolah seharian,  tidak semua dari mereka pulang dan istirahat. Banyak dari mereka yang mengikuti bimbingan belajar non formal di luar sekolah.  Atau ada juga yang mengikuti ekstrakulikuler terlebih dahulu. Biasanya mereka baru sampai rumah sore hari. Karena capek beraktivitas seharian penuh,  mereka terkadang tanpa sadar tertidur di sore hari dan bangun dimalam hari.

Mungkin para pelajar berpikir untuk tidur sore agar pada malam hari mereka bisa belajar lagi. Tidur memang menghilangkan rasa penat kita,  tapi apa tidur sore hari juga demikian? Berikut adalah bahaya tidur sore hari untuk kesehatan:

1. Terserang Nyeri Kepala

Nyeri kepala akan terjadi bila kita tidur sore hari. Rasa nyeri ini semakin menjadi-jadi, apalagi kalau kita terbangunnya karena kaget dan terpaksa, misalnya karena dibangunin oleh keluarga. Tidur sore hari justru menjadi penderitaan beberapa hari ke depan karena nyeri kepalanya sungguh akan susah sekali hilang loh!

2. Badan Jadi Lemas

Dampak buruk tidur sore hari bisa menyebabkan badan jadi lemas. Ini karena kita kekurangan oksigen dalam tubuh. Sebab, di waktu sore, sebenarnya oksigen yang tersedia di alam sungguh menipis. Apalagi kita dalam posisi tidur, yang mana kadang tanpa sadar terjadi pengurangan oksigen kala bernafas. Rasa lemas ini bisa bertahan hingga keesokan harinya, jika kita gagal membuat tubuh bugar kembali.

3. Sesak Nafas

Tidur sore akan membuat kita sesak nafas. Rasanya dada seperti tertimpa sesuatu yang sangat berat. Dan sesak nafasnya sungguh akan bikin kita jadi pusing dan tidak fokus. Sesak nafas ini bisa makin buruk kalau kita tak segera melakukan relaksasi pernafasan secara mendalam. Sebaiknya jika kamu sampai merasakan sesak nafas sehabis tidur, maka alangkah baiknya agar kamu banyak minum air.

4. Gangguan Suasana Hati

Gangguan suasana hati akan terjadi pada dia yang seringkali tidur sore hari. Suasana hati yang memburuk ini sungguh akan membuatmu jadi ingin marah-marah terus rasanya. Belum lagi kepala yang terasa berat. Maka di malam setelah kamu tidur sore itu, kamu tidak akan bisa tidur nyenyak. Dan esok harinya, kamu pun akan jatuh sakit karena lesu sekali.

Loading...

5. Otak Terasa Tegang

Ternyata tidur pada sore hari membuat otak terasa tegang. Ini karena otak kita dipaksa untuk tidur, padahal harusnya tidak. Sore hari itu waktu di mana otak seharusnya dibuat fresh. Misalnya dengan duduk di serambi rumah menunggu sunset datang.

6. Dada Terasa Nyeri dan Berat

Wah, ini sih sudah keterlaluan bahayanya. Ternyata jika kita tidur sore hari, maka dada akan terasa nyeri dan berat. Seperti ditimpa sesuatu. Maka ini sangat mengerikan sekali! Tubuh kita yang harusnya sehat di sore hari dan mampu tidur nyenyak pada malam hari, malah berasa seperti sedang sekarat, susah nafas dan nyeri dada. Seperti jantungan saja!

7. Mengalami Sesak Nafas

Ya, sesak nafas akan kita alami kalau kita tidur sore hari. Rasa sesak nafas ini semakin parah kalau kita tak segera mengatasinya. Untuk kamu yang punya penyakit asma atau gangguan nafas yang lainnya, kamu membutuhkan oksigen yang dibeli di apotek sepertinya. Supaya pernafasanmu kembali teratur dan baik.

8. Mata Berkunang-Kunang

Bola mata akan berkunang-kunang sebagai efek dari tidak lancarnya aliran darah. Oksigen yang semakin menipis dan nyeri kepala. Membuat penglihatan jadi blur dan susah fokus. Lama-lama bahkan kita bisa pingsan.

9. Merasa Dehidrasi

Tidur di sore hari akan sangat menyita cadangan cairan dalam tubuh, efeknya adalah kita akan mengalami dehidrasi yang parah. Efeknya, tubuh kita jadi lemas.

10. Turunnya Tekanan Darah

Turunnya tekanan darah juga sangat mungkin terjadi sebagai efek dari tidur di sore hari. Tekanan darah bisa turun hingga 90/60. Ini akan menyebabkan kita pusing dan berasa berputar-putar. Rasa lemas juga akan melanda.

Baca Juga: 15 Bahaya Sering Main Gadget untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Tidur Sore Hari untuk Kesehatan:

11. Kesemutan
12. Hidung Mampet
13. Mata Menjadi Iritasi
14. Asam Lambung Naik
15. Berkurangnya Kadar HB dalam Darah

Ternyata ada banyak bahaya tidur sore hari untuk kesehatan. Untuk tetap bisa mengerjakan pr,  dan belajar kembali sebaiknya para siswa mengerjakan pr di sore hari agar tubuh tetap sehat. Bukankah kita beraktivitas bukan hanya hari ini saja? Masih ada hari esok yang mungkin lebih berat dari hari ini.  Jadi kita tetap atur waktu sebaik mungkin.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top